April 10, 2016

Manfaat Jus Jeniper Untuk Kesehatan

Sebagai salah satu jenis buah jeruk yang sangat familiar oleh semua orang Indonesia bahkan luar negri, jeruk nipis memiliki banyak manfaat. Manfaat yang paling umum diterapkan adalah penyedap rasa sajian makanan di rumah. Buah yang penuh manfaat ini umumnya berwarna hijau sampai kekuningan, ukurannya lebih kecil dari pada buah jeruk yang langsung bisa dikonsumsi. Untuk mendapatkan buah ini juga cukup mudah, karena selain budidaya tanamannya yang gampang, buahnya juga dapat ditemukan di setiap pasar tradisional bahkan di sejumlah super market.


Digunakan sebagai penyedap masakan, seperti penambah rasa asam pada soto dan masakan berkuah. Beberapa aneka minuman pun bisa disandingkan dengan buah ini atau bisa dibuat sejara langsung menjadi jus, namanya jus jeruk nipis peras atau kerennya disebut jus Jeniper.

Dari artikel sebelumnya tentang Resep Membuat Jus Jeniper, kali ini kita akan cari tahu tentang manfaat buah jeruk nipis saat disajikan sebagai Jus Jeniper. Jeruk nipis sendiri memang sudah diakui manfaatnya untuk kesehatan dan bisa jadi terapi diet yang baik. 

1. Mengobati amandel

Untuk mengobati amandel, caranya 3 buah jeruk nipis dipotong-potong hingga berukuran cukup kecil, kemudian rebus dengan 2 gelas air hingga tinggal 3/4 kemudian gunakan ketika sudah hangat dengan cara di kumur lakukan 3-4 kali sehari

2. Mengobati batuk 

Saat musim hujan dan dingin seperti ini banyak yang terjangkit batuk, namun jangan khawatir karena salah satu khasiat jeruk nipis untuk meredakan batuk. Cara menggunakannya adalah dengan mengambil air perasa jeruk nipis, masukkan dalam gelas yang berisi air sedikit, tambahkan satu sendok makan madu atau kecap agar tidak terlalu kecut dan diminum 2 sampai 3 kali sehari agar batuknya reda.

3. Memperkuat kekebalan tubuh (imunitas) 

Salah satu peran vitamin C dalam tubuh manusia adalah sebagai antioksidan alami, racun yang masuk ke tubuh akan dinetralisir oleh sistem imun dan zat antioksidan di dalamnya. Jeruk nipis kaya akan dengan vitamin tersebut. Dengan mengkonsumsi jeruk nipis secara rutin dapat membantu memaksimalkan kerja jantung sehingga sirkulasi oksigen keseluruh tubuh melalui darah menjadi normal sehingga membuat tubuh menjadi segar dan kebal penyakit. 

4. Mengatasi masalah buang air kecil

Kalium merupakan salah satu mineral yang ada di jeruk nipis yang dapat membersihkan racun pada ginjal dan kandung kemih sehingga sangat baik untuk mengatasi dan menyembuhkan infeksi pada saluran buang air kecil. Namun, jika diobati dengan cara ini belum sembuh juga dalam beberapa hari segera periksakan ke dokter.

5. Mengobati penyakit kuning

Dengan mengkonsumsi jeruk nipis secara diminum, airnya (perasan jeruk) dipercaya dapat meningkatkan fungsi hati dan mengobati sakit kuning.

6. Mengatasi sembelit

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa jeruk nipis kaya antioksidan, dengan meminum air perasan jeruk nipis dapat membersihkan toksin dan racun yang ada di usus. Toksin ini yang membuat kita menjadi sembelit.

7. Sumber mineral

Mineral seperti kalium, kalsium, besi dan fosfor terdapat dalam kandungan sebuah jeruk nipis. Mineral ini dibutuhkan oleh tubuh kita untuk proses metabolisme dalam tubuh kita.

8. Sumber vitamin C

Hampir semua orang tahu buah jeruk memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Jeruk nipis sendiri adalah salah satu dari jenis jeruk yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi.

9. Melancarkan pencernaan

Jika pencernaan terganggu coba konsumsi minuman jeruk nipis. Buah ini dipercaya dapat melancarkan pencernaan. Karena jeruk nipis mengandung flavonoid yang meningkatkan produksi empedu, asam dan cairan pencernaan yang semuanya itu berperan dalam proses penceranaan.

10. Membantu program diet

Bagi yang melakukan diet makanan, maka tidak ada salahnya mencoba menambahkan jus jeniper dalam menu makanannya. Penelitian menyebutkan orang yang rutin mengkonsumsi jeruk nipis memiliki tubuh yang ideal dan terhindar dari kegemukan.

Itu dia beberapa manfaat dari jus jeruk nipis peras alias jeniper. Manfaat lain jeruk nipis dapat diperoleh dengan dibuat dalam berbagai bentuk sediaan.

No comments:

Post a Comment