April 09, 2016

Resep Membuat Jus Jeniper

Mendengar nama jus 'Jeniper' saja pasti membuat rasa penasaran kita timbul, karena nama minuman ini terdengar seperti nama artis penyanyi barat, Jennifer Lopez. Sebenarnya minuman ini tidak ada kaitannya dengan si artis itu, melainkan dari nama 'jeruk nipis peras' atau disingkat 'Jeniper'.



Minuman jus jeruk nipis sendiri sebenarnya sudah cukup terkenal dan sudah biasa dibuat di seluruh dunia, karena memang resepnya cukup mudah dan khasiatnya juga luar biasa (baca: Manfaat Jus Jeniper Untuk Kesehatan). Tapi namanya yang unik dan pertama kali saya (penulis) temukan di kantin kampus, jadi saya penulis mencoba mencari tahu resepnya tersebut.

Bahan utama pembuatannya sudah pasti adalah jeruk nipis, namun di sini khusus diporsikan satu gelas saja. Normalnya satu buah jeruk nipis dapat menjadi satu gelas jus Jeniper dan kalau untuk orang banyak bisa diperkirakan sendiri buah jeruk nipis yang akan digunakan. Bahkan jeruk nipis ukuran sedang dapat dijadikan dua gelas jus Jeniper. Biar tidak terlalu banyak hitung-hitungnya, langsung saja lihat resep cara membuat segelas jus Jeniper:

Bahan yang dibutuhkan:

   1. Sebuah jeruk nipis segar
   2. Gula pasir yang telah dicairkan 2- 3 sendok makan
   3. Air matang 250 ml
   4. Es Batu secukupnya

Cara membuat:

   1. Campurkan air matang (sudah dimasak) dengan gula pasir untuk membuat gula cair.
   2. Jeruk nipis dibelah dua dan setiap belahan diperas untuk diambil airnya.
   3. Siapkan gelas dan tuangkan gula cair, kemudian isi dengan es batu secukupnya.
   3. Air perasan jeruk nipis disiramkan ke atas es dalam gelas.
   4. Isi gelas dengan air matang hingga mendekati bibir gelas.
   5. Diamkan sejenak hingga dingin dan aduk perlahan hingga gula menyatu dengan air.
   6. Jus Jeniper siap dinikmati.

Resepnya cukup mudah bukan!? Nah, yang susah itu adalah saat memeras jeruk nipisnya, karena kalau jeruk nipisnya tidak diperas, makan bukan Jeniper namanya.

No comments:

Post a Comment