April 10, 2016

Aneka Makanan Yang Dapat Meningkatkan Tenaga

Makanan sebagai salah satu kebutuhan utama bagi manusia memang memiliki tujuan sebagai penghasil energi. Kebutuhan jumlah makanan seseorang berbeda-beda, salah satunya dilihat dari perbedaan aktivitas masing-masing. Orang yang hanya bekerja di kantoran dan dalam ruangan tentu membutuhkan lebih sedikit sumber energi dari makanan dari pada mereka yang bekerja di luar ruangan.


Setiap jenis makanan yang dikonsumsi setiap hari pun menghasilkan jumlah energi yang berbeda. Ada beberapa jenis makanan yang bahkan dipercaya dapat meningkatkan tenaga cukup tinggi. Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi yang sedang memiliki program fitness, karena membutuhkan sumber makanan dengan energi tinggi. Makanan tersebut berfungsi agar latihan bisa mencapai target durasi dan bisa mendapatkan hasil lebih cepat.

Ketika memulai fitness, misalnya ingin membesarkan otot, atau membentuk otot perut, atau apapun yang berkaitan dengan itu, disarankan melakukan latihan beban dengan teratur. Namun, melakukan latihan beban juga tidak semudah dibayangkan, karena membutuhkan tenaga yang besar untuk mencapai target latihan. Selain bisa menaikan beban yang digunakan, jumlah repetisi pun bisa ditambah.

Nah, beberapa jenis makanan yang dapat menaikkan tenaga ini bermanfaat untuk menjaga stamina agar tetap bugar dan mampu menjalankan latihan dengan baik. Mari kita lihat apa saja makanan yang dapat meningkatkan tenaga itu:

Kopi

Ya, meminum kopi adalah salah satu cara menambah stamina pada saat latihan. Bahkan, tak hanya fitness mania yang minum kopi. Para pelari jarak jauh pun mengkonsumsi kopi sebelum melakukan latihan. Kafein yang terkandung dalam kopi mampu meningkatkan ketahanan fisik dan stamina menjadi lebih optimal. Minumlah sekitar 20-30 menit sebelum latihan. Jika pencernaan mengalami masalah, mundurkan waktu sekitar 1 jam sebelum latihan.

Pisang

Pisang mengandung karbohidrat kompleks yang mudah dicerna tubuh. Selain itu juga mengandung vitamin B6. Konsumsi pisang sekitar 30 menit sebelum latihan ataupun olahraga pada umumnya, bisa meningkatkan energi berdasarkan sebuah penelitian yang di publikasikan oleh Appalachian State University. Selain menambah energi, pisang juga memiliki kandungan potasium yang mencegah kram otot.

Oatmeal / gandum

Oatmeal merupakan makanan sehat yang bisa menggantikan nasi bagi orang yang sedang mencoba menurunkan berat badan. Oatmeal juga mengandung karbohidrat kompleks, menahan rasa lapar lebih lama, serta memberikan energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Menu ini bisa dicampurkan susu, buah kering atau yogurt saat menyantapnya.

Makanan berlemak tak Jenuh 

Selain tiga makanan di atas, bisa juga dengan mengkonsumi makanan lain yang mengandung lemak tak jenuh atau lemak baik, seperti yang berasal dari biji-bijian, kacang, alpukat, minyak zaitun, ikan. Minyak baik ini akan dipergunakan untuk energi selama latihan.

Makanan lain

Jenis makanan lain yang bisa dipilih untuk penambah energi atau power adalah sayuran hijau, jus tomat, apel, kismis, salad, buah kering, jeruk, dan juga yogurt. Makanan tersebut merupakan makanan sehat yang mengandung berbagai macam nutrisi penting untuk tubuh seperti protein, vitamin, dan karbohidrat kompleks.

Setelah mengetahui aneka makanan yang dapat meningkatkan tenaga, tetap perlu diingat bahwa keberagaman menu makanan juga penting dalam pemenuhan kebutuhan energi setiap harinya.

No comments:

Post a Comment