September 13, 2017

5 Cara Atasi Tulang Ikan Tersangkut Di Tenggorokan

Saat kita mengkonsumsi ikan, mungkin pernah satu atau dua kali tulang ikan itu tersangkut di tenggorokan. Tulang-tulang kecil ikan tersebut tersangkut karena kita memaksa menelannya, dan tidak sengaja tersangkut pada dinding permukaan saluran pencernaan bagian atas. 


Tulang ikan yang menyangkut di tenggorokan sangatlah mengganggu. Bukan hanya terasa perih saat setiap kali kita menelan air liur, tapi juga bisa berbahaya bila didiamkan karena bisa saja terjadi infeksi ringan di sekitar tenggorokan. Karena itu, perlu adanya informasi mengenai cara mengatasi tulang ikan tersangkut di tenggorokan.


Lalu apakah yang harus kita lakukan saat ada tulang ikan tersangkut di tenggorokan? Dilansir dari situs Bacatips.com, terdapat 5 (lima) cara sederhana yang dapat kita lakukan untuk mengatasi masalah tersebut, di antaranya adalah:

1. Menggumpalkan nasi dan menelannya tanpa mengunyah terlebih dahulu

Di kalangan masyarakat, cara ini sudah umum (sering dilakukan) dan diyakini dapat menghilangkan gangguan tulang kecil ikan yang tersangkut di tenggorokan

2. Menarik daun telinga

Tarik salah satu atau kedua ujung daun telinga sambil menelan makanan atau minuman untuk membantunya lepas dari tusukannya di tenggorokan kita. Mungkin cara ini aneh, tetapi kita bisa lihat keajaiban hasilnya.

3. Menggunakan air hangat dan garam

Terlebih dahulu siapkan secangkir air putih dan dicampurkan dengan satu sendok garam, aduk sampai larut dengan air. Berkumurlah sambil menelan perlahan pada bagian pangkal tenggorokan, seketika itu tulang ikan akan terlepas dari tenggorokan.

4. Menggunakan minyak goreng atau minyak kelapa

Sediakan minyak goreng atau minyak kelapa yang masih baru (belum dipakai bekas penggorengan), kemudian dioleskan pada dubur (lubang pantat). Cara ini memang agak aneh, tapi cobalah, Anda bisa melihat manfaatnya dengan cepat.

5. Temui dokter ahli THT

Apabila cara di atas masih belum menolong, cara terakhir yang harus anda lakukan adalah berkonsultasi ke dokter ahli Telinga Hidung dan Tenggorokan (THT) terdekat, mungkin tulang kecil yang tertancap di tenggorokan kita terlalu dalam, sehingga dibutuhkan tenaga ahli yang dapat mencabutnya.

Itulah beberapa cara mengatasi tulang kecil ikan yang tersangkut di tenggorokan biasa  lakukan. Tentu masih banyak cara yang lain untuk mengatasi masalah tersebut, tetapi cara di atas patut Anda coba terlebih dahulu sebelum Anda pergi ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.