September 12, 2017

Desain ID Card Perayaan HUT Kemerdekaan RI

Setiap kali tiba perayaan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), selalu saja warga Indonesia segera khusyuk dengan berbagai bentuk perayaan di daerah masing-masing. Umumnya bentuk perayaan yang dilakukan adalah dengan menggelar berbagai perlombaan baik untuk anak-anak maupun dewasa. 

Logo Baso-Besse khas Makassar

Kemeriahan peringatan ini pun tidak hanya berlangsung dalam skala kecil saja, seperti dalam lingkup tingkat Organisasi Rukun Warga (ORW) tapi juga sampai tingkat kelurahan, kecamatan, bahkan sampai tingkat kabupaten atau kota. Dan untuk memastikan acaranya berjalan dengan lancar, diperlukan pembentukan panitia pelaksana.

Salah satu yang menjadi hal penting yang perlu dimiliki setiap anggota panitia pelaksana ini adalah kartu tanda pengenal kepanitiaan (ID card). Bukan hanya berfungsi sebagai tanda pengenal, ID card juga berfungsi untuk mempererat persatuan sesama anggota panitia, dan menjadi pemeriah acara perayaan yang diselenggarakan.

Pengalaman menjadi sekretaris panitia perayaan HUT ke-72 Kemerdekaan RI tahun 2017 lalu, saya sempat membuat desain ID card kepanitiaan. ID card tersebut masih saya simpan, karena pengalaman yang saya temui cukup sulit untuk dilupakan, dan kali ini saya ingin membagikan salinan desain tersebut untuk warga dunia maya. Semoga bisa menjadi inspirasi warga dunia maya, walau desainnya masih cukup sederhana:

Desain ID Card kosong

Desain ID card sekretaris panitia

Desain ID card anggota panitia

Logo HUT ke-72 Kemerdekaan RI