October 31, 2016

Tips Sederhana Mengurangi Timbunan Lemak di Perut

Penampilan memang menjadi salah satu penilaian utama seseorang di hadapan kita. Tidak hanya masalah wajah, postur tubuh seringkali menjadi masalah bagi seseorang merasa tidak percaya diri. Terlebih kalau melihat adanya timbunan lemak di sekitar perut.



Lemak yang tertimbun pada bagian tubuh seperti perut memang kadangkala membuat penampilan menjadi buruk. Selain menjadikan tubuh tidak proporsional, timbunan lemak tersebut nanti akan mengakibatkan berbagai masalah pada kesehatan.

Lalu, bagaimana cara mengurangi timbunan lemak di perut tersebut, berikut tips sederhana yang saya bagikan untuk anda:

1. Memperhatikan pola dan menu makan.

Menjalankan program penurunan berat badan dengan cara menghilangkan timbunan lemak di perut, sebaiknya dimulai dari diet sehat. Diet sehat dapat dilihat dari pola makan dan menu makan setiap hari. Apakah sudah teratur waktu makannya? Apakah rutin menyantap menu yang bervariasi? Dan apakah menu makannya juga menyehatkan? Itulah pertanyaan yang perlu anda jawab.

Anda tetap harus makan sesuai anjuran kesehatan yaitu tiga kali sehari. Pagi, siang dan malam. Perhatikan variasi makanan, agar kecukupan asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh dapat terpenuhi. Selingi makanan yang mengandung lemak dan karbohidrat dengan yang mengandung protein. Vitamin tetap harus ada dalam menu harian makanan kamu, dan jangan lupakan kandungan serat untuk kelancaran proses pencernaan. 

2. Lebih aktif dalam olahraga.

Setelah menerapkan diet sehat, anda baru melirik program olahraga yang anda jalankan setiap pekan. Kesehatan menganjurkan agar berolahraga minimal dua kali sepekan, seperti berjalan-jalan selama 30 menit di pagi hari, untuk menjaga kebugaran tubuh dan memperlancar sirkulasi darah. Sementara untuk mengurangi lemak di tubuh anda, tentu butuh usaha yang lebih besar dari sekedar jalan-jalan dong.

Anda bisa memulai dengan melakukan olahraga yang anda suka. Kalau tidak, cukup dengan jogging di lapangan atau halaman kompleks rumah anda, namun dengan frekuensi yang lebih intens. Misalnya, tiga sampai empat kali sepekan selama 30 sampai 60 menit. Awali dengan pemanasan dan akhiri dengan push up, shit up, dan lain-lain.

Bersepeda atau renang juga bisa menjadi alternatif kalau anda tidak memiliki pilihan olahraga yang anda ingin ambil. Setidaknya bersepeda dan renang merupakan olahraga yang minim cedera, dibandingkan olahraga seperti sepakbola atau badminton. Selain itu, sekali-kali anda perlu mengikuti senam kelompok yang mungkin biasa dilakukan di kantor atau lapangan kompleks rumah anda. Pasti akan lebih mengasyikkan bila punya teman-teman yang bisa diajak berolahraga bersama.

3. Jalani pola hidup sehat.

Selain untuk memperbaiki penampilan dan postur tubuh, mengurangi lemak di perut tentu akan berdampak pada kesehatan anda. Jadi, selain membuat anda lebih percaya diri dengan proporsi badan yang ideal, anda bisa jadi lebih sehat dengan dua tips di atas. Jadi, tidak ada salahnya anda bantu dengan pola hidup sehat seperti, berhenti merokok (bagi perokok), menghindari minuman beralkohol, dan memperbanyak minum air putih.

Merokok, bagi sebagian orang memang tidak memengaruhi jumlah timbunan lemak dan berat badan, namun lebih kepada kesehatan anda secara menyeluruh. Anda pasti sudah sering melihat peringatan tentang bahaya merokok di sekitar anda, bukan. Sedikitnya, kebiasaan merokok dapat mengurangi nilai lebih penampilan anda di depan publik, bila anda seorang laki-laki, terlebih kalau anda seorang perempuan.

Sementara bila anda seseorang yang suka meminum minuman beralkohol, sebaiknya anda hentikan, sebab kebiasaan meminum minuman beralkohol memang berpengaruh pada berat badan. Juga, mempengaruhi kesehatan anda dengan merusak organ hati. Minuman beralkohol dan yang anda konsumsi akan langsung diserap tubuh dan banyak dinetralisir oleh hati, sehingga memperberat kerja jantung sebagai pembersih racun tubuh.

Karena itu, gantilah minuman beralkohol atau minuman apapun itu, dengan lebih banyak meminum air putih. Sesuai anjuran kesehatan, minum air putih sekitar delapan gelas per hari. Dengan meminum lebih banyak air putih, akan membantu tubuh membersihkan kotoran dan racun, serta membantu proses pencernaan tubuh, sehingga menghindari penimbunan lemak yang lebih banyak di tubuh.

No comments:

Post a Comment