April 29, 2016

Tips Cara Agar Cepat Hamil

Salah satu harapan yang besar bagi pasangan suami istri adalah kehamilan dan mendapatkan keturunan, khususnya bagi mereka yang baru saja melangsungkan pernikahan. Dengan hadirnya buah hati dalam suatu keluarga dapat menambah lengkap suasana. Saat-saat di mana tes kehamilan menunjukkan hasil positif adalah momen yang sangat dinanti oleh pasangan suami istri yang mendambakan hadirnya generasi penerus keluarga.


Ironisnya, harapan mendapatkan kehamilan dan keturunan kadang sirna tatkala kehamilan yang ditunggu belum datang. Gelisah dan putus asa banyak menghinggapi pasangan suami istri yang telah lama menanti. Kondisi ini banyak membuat sebuah keluarga menjadi tidak harmonis bahkan berujung perceraian.

Sebetulnya banyak kasus yang menyebabkan sulitnya pasangan suami istri mendapatkan keturunan, dimulai dari adanya penyakit, gangguan hormonal, gangguan sistem reproduksi dan berbagai macam hal lainnya yang perlu dilakukan pemeriksaan dan pengobatan lebih lanjut untuk mengatasinya. Namun ada kala juga suatu pasangan suami istri sulit cepat hamil dikarenakan kurangnya pengetahuan dasar mengenai kehamilan.

Sebaiknya pasangan suami istri punya inisiatif mencari tahu tentang hal-hal yang dapat membantu cepat terjadinya kehamilan. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan bagi pasangan suami istri agar cepat mendapatkan kehamilan:

1. Periksakan kondisi kesehatan

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah melakukan pemeriksaan kesehatan yang mencakup kesehatan tubuh sendiri, mengenai sistem reproduksi, tingkat kesuburan dan hal lainnya kepada ahlinya. Periksakan hal ini baik suami maupun istri. 

Hal ini merupakan modal penting untuk terjadinya kehamilan dan  untuk diketahui oleh pasangan suami istri, karena jika terjadi kendala pada hal tersebut, tentunya diperlukan perawatan dan pengobatan lebih lanjut dan bukan hanya sekedar tips. Jika setelah diperiksakan dan dinyatakan kondisi anda dan pasangan sehat-sehat saja, maka mungkin tips selanjutnya bisa bermanfaat dan dapat anda lakukan.

2. Menerapkan pola hidup sehat

Hal lain yang tidak kalah penting adalah menerapkan pola hidup sehat. Inilah yang harus diperhatikan:
  • Jika kebetulan anda atau suami anda perokok, sebaiknya menghentikan merokok. Demikian juga dengan kebiasaan meminum alkohol. Meminum alkohol sedikit pun mengurangi peluang kehamilan hingga 50 %.
  • Pastikan berat badan seimbang atau ideal (tidak kurang atau tidak lebih) karena berat badan yang kurang atau lebih selain bisa mempersulit pembuahan, juga menjadi masalah saat anda hamil. Sedangkan bagi pria, kurang berat badan bisa mengurangi pembentukan sperma.
  • Rajin olahraga, dengan demikian kondisi badan anda selalu fit dan dalam proses pembuahan pun akan lebih besar terjadi.
  • Pola makan bergizi seimbang dalam mengkonsumsi makanan sarat gizi yang diperlukan untuk mendapatkan kehamilan sehat kelak.

3. Ketahui masa subur

Masa subur ditandai oleh kenaikan Luteinizing Hormone (LH) secara signifikan sesaat sebelum terjadinya ovulasi (pelepasan sel telur dari ovarium). Kenaikan LH akan mendorong sel telur keluar dari ovarium menuju tuba falopii. 

Di dalam tuba falopi ini bisa terjadi pembuahan oleh sperma. Masa-masa inilah yang disebut masa subur, yaitu bila sel telur ada dan siap untuk dibuahi. Sel telur berada dalam tuba falopi selama kurang lebih 3-4 hari namun hanya sampai umur 2 hari masa yang paling baik untuk dibuahi, setelah itu mati.

4. Kualitas hubungan intim

Hubungan intim yang bisa membuat anda cepat hamil adalah berhubungan intim yang santai dan saling menikmati antara suami dan istri. Buang semua pikiran-pikiran yang membebani anda cepat hamil, sebaiknya nikmati hubungan intim anda bersama pasangan. Dengan begitu, hubungan yang anda lakukan berdua lebih berkualitas dan bisa memicu kehamilan.
Perlu andan ketahui ada posisi tertentu ketika melakukan hubungan seksual dengan pasangan yang dapat mengoptimalkan kemungkinan biar cepat hamil. Tips cepat hamil dalam konteks bercinta ini adalah mengganjal pinggul istri dengan bantal supaya sedikit terangkat sehingga dapat menampung sperma yang keluar pada bagian serviks secara optimal.

Sangat disarankan pula sesaat setelah bercinta, sang istri tetap berbaring di tempat tidur antara 15-20 menit membantu proses jalannya sperma ke dalam rahim istri. Bila langsung berdiri, cairan semen yang mengandung sperma akan langsung turun keluar vagina karena efek gravitasi sehingga yang masuk ke serviks hanya sedikit dan memperkecil kemungkinan terjadinya kehamilan. 

5. Berdoa pada Yang Maha Kuasa

Seberapa jauh manusia berencana dan berusaha, tetap Tuhan yang menentukan semuanya. Oleh karena itu lengkapi usaha dengan berdoa kepada-Nya, agar diberkahi secepatnya karunia kehamilan. 

Doa yang kuat, berkesinambungan, dan sungguh-sungguh mungkin mampu mewujudkan sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin. Jadi, jalan terakhir adalah dengan cara berdoa dan serahkan semuanya kepada yang di atas!

No comments:

Post a Comment