March 27, 2016

Sepuluh Tips Agar Lebih Mudah Tidur

Sebagai salah satu kebutuhan hidup, tidur merupakan suatu aktivitas harian yang dilakukan manusia. Tidak hanya manusia, hewan dan tumbuhan pun melakukan tidur dengan caranya masing-masing.


Pentingnya tidur sangat berkaitan dengan kesehatan jasmani dan rohani. Tubuh yang kelelahan setelah bekerja seharian harus diistirahatkan di malam hari, agar dapat kembali bekerja esok hari. Tidur di malam hari lebih baik daripada di siang hari, karena salah satu alasan utamanya adalah produksi hormon melatonin terjadi di malam hari. Hormon ini mampu menekan pertumbuhan sel kanker sehingga melindungi tubuh dari penyakit. Tidur pula akan ikut membantu meringankan beban pikiran dan penat. Dengan kata lain, tidur bertujuan untuk mengistrahatkan tubuh secara fisik dan mental.

Kebutuhan tidur seseorang kurang lebih sama, yaitu sepertiga waktu dalam satu hari, atau 7 – 9 jam sehari. Perbedaan umur dapat menjadi pembeda kebutuhan tidur seseorang. Pada sebagian orang ditemukan kondisi yang membuat mereka susah atau sulit tidur, sehingga jumlah waktu tidur kurang dan menyebabkan kondisi kesehatan menurun, kurang fokus, dan tidak bersemangat. Lebih buruk, kurang tidur dapat mengantar seseorang pada gangguan psikologis tertentu, seperti kurang fokus, konsentrasi menurun, emosional tidak menentu, stress, gairah seks menurun, sampai pada penyakit kanker, gangguan kulit dan mata, obesitas, serangan jantung, dan lain-lain.

Untuk menghindari hal-hal tersebut tentu kita membutuhkan tidur yang berkualitas dan mencegah atau menghindari hal-hal yang dapat mengganggu waktu tidur. Terlebih bagi kalian yang sulit untuk tidur di malam hari.

Berikut kami bagikan sepuluh cara untuk membuat kita lebih mudah tidur:

1. Atur Jadwal Tidur.  

Memulai tidur bagi orang yang terbiasa begadang atau yang biasa sulit tidur memang cukup susah. Keluhan mereka jelas karena susah memulai tidur. Oleh karena itu, atur jadwal tidur. Tentukan jam berapa anda harus tidur. Jangan menunda-nunda tidur karena alasan tugas yang belum selesai, menonton film favorit, sedang teleponan dengan seseorang, atau alasan-alasan lain. Begitu jadwal tidur anda tiba, segera hempaskan tubuh anda di atas tempat tidur, lalu biarkan tubuh terbiasa dengan aktivitas itu.

2. Merilekskan Tubuh. 

Merilekskan tubuh di sini maksudnya untuk membuat tubuh anda merasa santai, misalnya dengan mencuci wajah, menyikat gigi, atau mencuci kaki dan tangan. Aktivitas ini tentu biasa kita lakukan selain sebelum tidur, dan pasti bisa membantu membuat tubuh nyaman dan rileks bila dilakukan sebelum tidur.

3. Tempat Tidur.

Perhatikan kamar dan tempat yang anda gunakan untuk tidur, seperti ranjang atau kasur, bantal, selimut, dan lain-lain. Apakah tempat itu sudah pantas dijadikan tempat untuk tidur, atau hanya tampak seperti ‘kapal pecah’? Jangan lupa juga perhatikan kebersihannya, seprei, sarung bantal, dan selimut, mungkin saja belum dicuci sejak semester lalu.

4. Sirkulasi Udara. 

Sirkulasi udara juga dapat membantu anda tidur dengan nyenyak. Tentu anda tidak ingin tiba-tiba terbangun di tengah malam karena kepanasan atau kedinginan. Bagi yang memiliki kamar dengan sirkulasi udara yang pengap dan panas, bisa menggunakan pendingin seperti kipas listrik atau AC, atau bahkan dengan membuka sedikit jendela kamar. Atau kamar dengan suasana dingin, bisa dibantu mengenakan pakaian tebal dan hangat.

5. Kurangi Cahaya. 

Setelah memperhatikan tempat tidur dan sirkulasi udara, anda bisa juga membantu dengan mengurangi sumber cahaya yang ada. Dikatakan bahwa tubuh lebih mudah bekerja dengan sumber cahaya yang banyak dibanding dengan cahaya yang kurang. Oleh karena itu, malam hari lebih tepat dijadikan waktu tidur dan siang hari dijadikan waktu untuk beraktivitas. Beberapa orang bahkan tidak bisa tidur bila lampu kamarnya masih menyala.

6. Kurangi Kopi Dan Rokok. 

Kopi dengan kandungan kafeinnya lebih tepat dinikmati di pagi hari, untuk mencegah rasa kantuk yang tersisa. Atau kalau anda pekerja yang perlu lembur hingga tengah malam, kopi memang bisa jadi solusi. Menghindari rokok juga perlu, karena bahan nikotin di dalam rokok akan meningkatkan adrenalin dan debar jantung, sehingga lebih sulit untuk tidur. Anda juga mungkin belum pernah melihat orang yang tertidur dengan rokok masih tersulut di mulutnya. Selain kopi dan rokok, anda juga bisa mengurangi konsumsi minuman coklat, teh, atau kola.

7. Mendengarkan Musik Atau Membaca Buku.

Untuk sebagian orang, mendengarkan musik atau membaca buku mampu merangsang mereka untuk tertidur. Asal saja, jangan menyetel musik dengan keras karena hanya akan membuat anda semakin sulit tidur, termasuk tetangga anda. Atau membaca dengan kondisi lampu yang redup karena kurang baik untuk kesehatan mata.

8. Pengaruh Obat-Obatan.

Efek samping beberapa obat dapat membuat seseorang tetap terjaga atau sulit tidur di malam hari. Jadi bagi mereka yang sedang menajalani masa terapi pengobatan dengan obat-obat yang seperti itu, memang akan kesulitan tidur. Silahkan konsultasikan ke dokter bagaimana untuk menangani hal itu. Kalau dizinkan, penggunaan obat tidur yang sesuai dosis dan pemakaian dapat menjadi solusi untuk hal ini.

9. Tepat Jadwal Dan Menu Makan.


Sebelum tidur, sebaiknya hindari makan makanan berat. Atur jadwal makan dan jangan makan sebelum tidur. Memang salah satu efek makan adalah sensasi kantuk dan membuat kita untuk tidur, tapi mungkin saja anda bukan orang yang ingin menukar waktu tidur dengan kondisi berat badan dan resiko penyakit yang beragam. Juga, pilih makanan yang lebih mudah dicerna dan mengandung serat, sehingga tubuh tidak perlu terlalu lelah untuk mencerna makanan di malam hari.

10. Olahraga. 

Selain makanan, jangan lupa bahwa tubuh dapat dirangsang dengan olahraga yang teratur. Olahraga minimal dua kali sepekan di pagi atau sore hari. Tubuh yang lelah karena aktivitas olahraga pasti lebih mudah diistirahatkan daripada lelah karena bermalas-malasan di depan TV atau komputer. Olahraga juga dapat mengurangi beban tubuh dari beberapa jenis penyakit yang menyebabkan anda susah tidur.

Nah, beberapa tips yang dapat membantu anda lebih mudah tidur di atas, sebenarnya mudah untuk dilakukan. Ini tinggal dikembalikan lagi kepada anda. Sebagian kecil mampu menjalani beberapa tips di atas dan mengatasi susah tidur, namun sebagian besar masih merasa sulit karena merasa beberapa tips di atas bertentangan dengan kebiasaan mereka. Jadi, bila anda ingin tidur yang lebih mudah dan berkualitas, silahkan mulai dari diri anda sendiri.

No comments:

Post a Comment