August 06, 2019

Memudarkan Area Gelap Di Selangkangan

Biasanya orang-orang jarang memperhatikan bagian area selangkangan mereka. Namun mereka baru cukup peduli ketika mereka menyadari kalau bagian tubuh privasi ini berkaitan dengan keharmonisan hubungan pasangan dalam rumah tangga.


Baik laki-laki apalagi perempuan akan cukup malu ketika merasa area selangkangan mereka tampak gelap bahkan menghitam. Alih-alih merasa bisa memberikan kepuasan dalam hubungan intim dengan pasangan, perasaan risih bisa saja muncul karena pasangan bisa saja mengeluh atau menegur kondisi tersebut.

Jadi apa sebenarnya yang menyebabkan area selangkangan seringkali tampak gelap? Apakah kondisi itu tetap sehat bagi tubuh? Lalu bagaimana caranya memudarkan area gelap di selangkangan?

Penyebab selangkangan tampak gelap

Banyak hal yang dapat menyebabkan timbulnya area gelap di bagian selangkangan. Umumnya, perubahan warna menjadi gelap ini disebabkan karena produksi melanin kulit terjadi secara berlebihan. Melanin adalah pigmen yang memberi warna pada kulit. 

Bila berlebihan, hal ini akan membawa pada kondisi yang disebut dengan hiperpigmentasi. Perubahan warna paha bagian dalam yang menggelap bahkan juga dapat melebar ke daerah luar selangkangan.

Beberapa penyebab munculnya area gelap di selangkangan antara lain:
  • Terjadi gesekan secara berulang-ulang, baik antara kain pakaian dengan kulit maupun antar kulit di bagian selangkangan. Gesekan mengakibatkan kulit menipis, terasa gatal, dan berubah menjadi gelap.
  • Hormon tidak seimbang, yang bisa terjadi pada masa-masa tertentu seperti masa menyusui, kehamilan, dan menstruasi. Atau bisa juga karena penggunaan obat-obat hormonal dan kemoterapi, yang nantinya akan mempengaruhi warna lipatan kulit jadi menggelap.
  • Paparan sinar matahari juga dapat menjadi penyebab penggelapan tubuh bagian selangkangan, khususnya bagi yang suka berjemur dengan pakaian terbuka. Kulit yang kering juga dapat lebih mudah menggelap.
  • Penderita diabetes mellitus juga dapat dengan mudah mengalami perubahan warna kulit menjadi gelap di setiap bagian lipatan kulit tubuhnya. Penderita diabetes biasa akan mengalami acanthosis nigricans, yaitu gangguan kulit yang ditandai dengan kulit yang lebih gelap, tebal, dan seperti beludru pada lipatan tubuh.
Indikasi area gelap selangkangan terhadap kesehatan

Perubahan warna gelap pada kulit tentu saja mengindikasikan kondisi kesehatan yang menurun. Berdasarkan beberapa penyebab penggelapan bagian selangkangan yang disebut di atas, menunjukkan adanya masalah-masalah kesehatan yang bisa saja berakibat buruk ke tubuh secara sistemis nantinya.

Selangkangan menggelap biasanya menjadi tanda bahwa tubuh kemungkinan sedang mengalami kelebihan berat badan. Hal ini juga bisa menjadi tanda bahwa tubuh mengalami resistensi insulin dan dapat mengakibatkan penyakit diabetes. 

Selain itu, area gelap di selangkangan bisa menjadi tempat yang nyaman bagi pertumbuhan bakteri dan jamur. Lebih jauh lagi, area gelap tersebut juga dapat menunjukkan adanya masalah kelenjar atau tumor.

Cara alami pudarkan area gelap di selangkangan

Saat ini dapat ditemukan dengan mudah beberapa krim pemutih instan yang khusus bisa membantu permasalahan area gelap di selangkangan. Sayangnya, masih banyak yang belum teruji secara klinis dan juga mengandung beberapa bahan kimia yang mungkin berbahaya bagi selangkangan.

Memang ada cara mengatasi dengan mudah menggunakan bahan obat sintetis, bagi secara pengolesan di kulit atau dikonsumsi lewat oral. Namun di bawah ini ada beberapa cara mengatasi area gelap selangkangan secara alami, antara lain:
1. Minyak kelapa dan jus lemon
Lemon adalah buah dengan kandungan vitamin C tinggi yang dapat membantu mengatasi hiperpigmentasi. Sementara itu, minyak kelapa berfungsi sebagai pelembab dan dapat membantu menjaga paha tetap lembap dan menjaga elastisitas kulit.
Campurkan beberapa sendok makan minyak kelapa dengan perasan setengah buah lemon. Gosokkan adonan ke area selangkangan tapi berhati-hatilah agar jangan sampai terkena alat kelamin. Pijat dengan lembut selama 10 menit atau lebih. Cuci bersih area selangkangan. Penelitian menunjukkan bahwa bahan alami yang mengandung vitamin C mungkin lebih efektif mencerahkan kulit daripada bahan kimia lain.
2. Scrub gula
Gula dapat membantu mengeksfoliasi kulit. Eksfoliasi di area kulit yang gelap dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati. Cara memutihkan selangkangan pakai gula bisa diikuti dengan langkah-langkah berikut: 
Campurkan 1 buah jus lemon segar, satu sendok teh gula, dan satu sendok makan madu. Gosok lembut campuran ke paha bagian dalam. Bilas area selangkangan hingga bersih untuk menghilangkan scrub. 
3. Scrub dari oatmeal dan yogurt
Oatmeal gandum dapat digunakan untuk mengobati masalah kulit kering yang meradang, seperti eksim. Sementara itu, yogurt mengandung asam laktat yang dapat meningkatkan kesehatan kulit. Cara memutihkan selangkangan dengan ramuan oatmeal dan yogurt adalah:
Campurkan 3 sendok makan yogurt dan 3 sendok makan oatmeal. Aduk hingga rata dan membentuk pasta. Oleskan scrub ke area kulit yang gelap dan gosok dengan lembut. Bersihkan pasta yogurt dan oatmeal ini dari area selangkangan.
4. Baking soda
Baking soda, atau soda kue, dapat membuat kulit lapisan luar mengelupas. Namun, jika memutuskan menggunakan bahan yang satu ini, harus berhati-hati. Terlalu banyak menggunakan baking soda bisa membuat kulit jadi lecet dan akhirnya menimbulkan luka. Jika ingin mencoba menggunakan baking soda, berikut panduannya:
Tuang setengah sendok teh baking soda dan campurkan dengan 1 sendok teh air. Oleskan tipis-tipis ke paha bagian dalam, seperti akan memoleskan masker wajah atau tubuh. Biarkan selama setidaknya 15 menit lalu bilas hingga bersih.
5. Lidah buaya
Gel lidah buaya atau produk pelembap dengan bahan dasar lidah buaya dapat merelaksasikan kulit yang lecet  atau teriritasi. Lidah buaya mengandung zat aloin, yang kemungkinan bisa mencerahkan kulit.
Cara pakainya, oleskan seperti lotion, dan biarkan produk meresap ke kulit. Tidak perlu membilasnya setelah mengoleskan ke selangkangan.
6. Kentang
Menggosok kentang di kulit sudah lama menjadi cara tradisional untuk menyamarkan bintik gelap yang muncul di wajah atau area lain. Katekolase, enzim yang terkandung dalam kentang, diyakinin dapat membantu mencerahkan kulit. Berikut cara memutihkan selangkangan dengan menggunakan kentang:
Iris kentang. Gosok irisan kentang di atas area selangkangan selama 15 menit atau lebih lama. Cuci bersih dengan lembut area tersebut.
Nah itu dia penjelasan tentang area gelap yang biasa terjadi di selangkangan dan cara mengatasinya secara alami. Semoga saran di atas bisa membantu.

No comments:

Post a Comment