October 23, 2017

Tujuh Tips Melakukan Wisata Kuliner

Suatu pengalaman berharga tersendiri bila saat berkunjung atau berwisata di suatu tempat dan sempat melakukan wisata kuliner. Mencoba makanan khas atau terkenal di tempat tersebut tentu dapat melengkapi pengalaman perjalanan.


Tidak jarang, dari para traveller atau wisatawan yang mencoba menu kuliner di suatu tempat justru lebih jatuh cinta dengan wisata kuliner yang mereka lakukan daripada wisata tempat. Artinya, mereka lebih mengutamakan kembali mencoba menu kuliner yang pernah mereka nikmati di tempat yang mereka pernah datangi ketimbang tempat wisatanya.

Nah, bagi kalian yang baru mau mencoba hobi wisata kuliner atau mau menyempatkan diri mencicipi menu kuliner khas suatu daerah, perlu nih perhatikan beberapa tips berwisata kuliner. Agar wisata kuliner yang kalian lakukan nyaman dan menyenangkan, ada tujuh tips yang perlu dipertimbangkan, antara lain:

1. Tempat yang terjangkau.

Menyempatkan mencicipi menu kuliner suatu tempat wisata, perlu mempertimbangkan jarak lokasi tempat menu kuliner yang ingin dituju. Apakah bisa dijangkau dengan berjalan kaki dari tempat penginapan atau harus menyewa kendaraan? Tentu saja dengan jarak yang mudah ditempuh, dapat mengurangi biaya estimasi perjalanan wisata kalian.

Selain itu, dengan tempat yang terjangkau akan memudahkan kalian kembali ke tempat tersebut saat kembali berwisata di daerah itu. Jarak yang jauh atau susah dijangkau mungkin saja membuat kalian berpikir ulang untuk mendatangi kembali tempat kuliner itu.

2. Waktu buka.

Selain tahu lokasi, kalian juga perlu tahu hari dan jam berapa tempat itu buka dan tutup. Apakah hanya menyediakan menu santap malam, sehingga jam bukanya hanya pada malam hari? Atau juga menyediakan menu sarapan dan santap siap, sehingga buka dari pagi sampai malam.

Beberapa tempat makan bahkan tidak buka pada akhir pekan, atau hanya buka paruh waktu. Sehingga kalian perlu menetapkan hari dan waktu kapan kalian ingin berkunjung ke tempat tersebut.

3. Menu sesuai selera. 

Yang ini sangat perlu diperhatikan, apakah menu yang tersedia di tempat itu sesuai selera. Apakah kalian vegetarian yang memang hanya mencari menu sayur dan buah? Apakah kalian alergi dengan menu seafood? Atau apakah kalian lebih senang dengan menu seafood daripada menu daging?

Dengan tahu menu yang disediakan, tentu tidak akan membuat kalian sia-sia datang ke tempat tersebut karena menu yang ditawarkan tidak sesuai selera yang disediakan. Bukan masalah kalau kalian ingin mencoba menu baru yang belum pernah kalian coba, tapi jangan sampai kalian justru tidak menikmati pengalaman wisata kuliner di tempat tersebut.

4. Menu yang sehat dan bergizi. 

Untuk menambah manfaat pengalaman wisata kuliner kalian, perhatikan menu kuliner yang disediakan. Apakah menu tersebut sehat dan bergizi? Atau direkomendasikan hanya karena keunikan dan cita rasanya.

 

Di luar negeri bahkan beberapa jenis kuliner yang ditawarkan ke para wisatawan berasal dari bahan kurang menyehatkan. Selain itu ada juga campuran bahan yang berbahaya yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan kalian. Kalian tentu tidak ingin merisikokan kesehatan demi suatu pengalaman kuliner.

5. Harga pas. 

Saat tiba di tempat kuliner, jangan langsung memesan menu yang sering direkomendasikan orang-orang. Lihatlah lebih dulu daftar menu untuk melihat label harga menu kuliner yang ingin dinikmati. Kalau tidak tercantum, tanyakan ke pelayannya.


Ini juga penting, agar kalian tahu kalau uang yang kalian bawa cukup untuk menutupi tagihan menu yang telah kalian makan. Setidaknya kalian bisa menyesuaikan dengan isi dompet kalian. Mencoba kuliner yang murah dan nikmat mungkin saja bisa menjadi pengalaman yang lebih berharga daripada kuliner harga mahal.

6. Keunikan.  

Perlu jadi pertimbangan, cobalah untuk mencari menu kuliner dengan nama dan bentuk yang unik. Tentu saja dengan begitu akan menambah pengalaman kuliner kalian.

Selain dari nama dan bentuk menu kulinernya, kalian juga perlu mencoba mencari nama tempat kuliner yang unik. Biasanya, dengan nama tempat yang unik, juga menawarkan menu dan bentuk menu kuliner yang unik pula.

7. Hiburan tambahan. 

Tips terakhir yang perlu jadi pertimbangan adalah adanya hiburan tambahan. Hiburan tambahan bisa berupa pemandangan alam berupa langit atau bukit. Bisa juga berupa live music atau layar lebar untuk menonton pertandingan olahraga.

Tentunya pilihan ini kalian sesuaikan dengan ketertarikan kalian. Ujung-ujungnya, tips ini juga dapat membah pengalaman wisata kuliner kalian.

Jadi, apa kalian sudah siap untuk melakukan wisata kuliner pertama kalian?