October 10, 2017

10 Pertanyaan yang Sering Muncul di Wawancara Kerja dan Variasi Jawaban

Seringkali orang-orang yang baru akan mendaftar kerja di suatu perusahaan akan mengalami kesulitan saat menghadapi tahap wawancara. Pertanyaan-pertanyaan sederhana yang diajukan oleh HR membuat si pelamar justru gamang dan bingung harus menjawab dengan apa. 


Jawaban yang diberikan tentu akan menjadi pertimbangan perusahaan. Bila tidak sesuai dengan yang diinginkan, boleh jadi perusahaan menolak si pelamar walau kualifikasi si pelamar sesuai dengan posisi pekerjaan yang dibutuhkan.

Berikut ini sepuluh contoh pertanyaan yang saya temui di tiga perusahaan berbeda dan juga sering muncul dalam wawancara lamaran kerja serta beberapa variasi jawabannya. Semoga bisa membantu!

1. Ceritakan tentang diri anda?
  • Saya orang yang sangat bersemangat dan senang berkomunikasi dengan orang lain. Bekerja dalam sales (penjualan) selama dua tahun membantu saya membantu sikap percaya diri dan mengajarkan saya pentingnya menjaga hubungan dengan pelanggan.
  • Saya orang yang menghargai waktu, dapat diandalkan dan dipercayakan untuk menyelesaikan apa yang saya mulai.
  • Saya dapat memahami kebutuhan-kebutuhan pelanggang saya.
  • Saya dapat dinilai dari kerjakeras / kepercayaan / pengandalan / pertolongan / keramahan / pengorganisasian / kejujuran / kerjasama saya.

2. Mengapa anda meninggalkan pekerjaan anda yang sebelumnya?
  • Saya sudah belajar banyak dari peran saya saat ini, tapi sekarang saya mencari sebuah tantangan baru, untuk memperluas cakrawala saya dan memperoleh suatu keahlian baru, di mana saya bisa temukan potensi tersebut di dalam pekerjaan ini.
  • Saya mencari kesempatan yang lebih baik untuk berkembang di pekerjaan dan keuangan yang tepat. Saya ingin menemukan lebih banyak pengalaman, di tempat saya bekerja.
  • Saya mencari pekerjaan di mana saya bisa berkembang bersama perusahaan saya.
  • Saya membutuhkan sebuah pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi saya.
  • Saya diberhentikan / perusahaan saya kelebihan pekerja, karena adanya relokasi / kemunduran / upaya pengurangan biaya operasional.

3. Dengan apa anda menghabiskan waktu luang anda?
  • Saya sangat senang mencoba pengalaman baru. Itu akan membantu saya lebih memahami potensi saya. Saya juga menekuni beberapa kemampuan yang tentu akan membantu saya lebih mahir di bidang itu, seperti menambah pengalaman berbahasa asing atau mengoperasikan komputer.
  • Membaca buku dan berita yang ada di koran, televisi, maupun internet membuat saya lebih mengenal kondisi luar yang tidak saya temui langsung. Sesuai kalimat bijak ‘buku adalah jendela dunia’, itu membantu saya melihat segala sesuatu dalam perspektif yang berbeda. Bilamana punya kesempatan saya juga meluangkan waktu mendatangi tempat-tempat baru dan belajar banyak hal tentang tempat itu.
  • Orang-orang cukup senang dengan saya, karena saya seringkali meluangkan waktu menemui mereka. Saya bukan orang yang senang berdiam diri di suatu tempat atau di dalam rumah. Berinteraksi dengan banyak orang juga membuat saya lebih mengenal diri saya sendiri.

4. Apa yang sedang anda usahakan saat ini?
  • Pekerjaan saya cukup penting bagi saya, jadi bukannya sibuk untuk menerima hal pertama yang datang dalam usaha saya. Saya menyempatkan waktu untuk lebih selektif agar lebih yakin peran saya berikutnya adalah tepat bagi saya.
  • Saya mengerjakan beberapa proyek lepas, di saat saya sedang mencari pekerjaan tetap.
  • Saya menghabiskan waktu sebagai ibu rumahtangga dan relawan di sekolah anak perempuan saya. Saya mengikuti beberapa kelas pendidikan lanjutan dan seminar-seminar.
5. Penghargaan seperti apa yang anda inginkan bila bekerja di bidang bisnis (penjualan, HR, dan lain-lain)?
  • Saya sungguh menikmati berkomunikasi, dan berbicara dengan orang-orang. Penghargaan yang paling penting dalam bisnis, bagi saya, adalah menghabiskan waktu bersama pelanggan, membantu mereka membuat pilihan yang tepat tentang suatu produk.
  • Saya orang yang senang berbaur. Saya selalu senang– dan sangat puas –ketika saya berinteraksi dengan pelanggan, dan saya cukup yakin dapat mengetahui kebutuhan-kebutuhan mereka serta memberikan mereka pengalaman terbaik sebagai pelanggan.
  • Saya lebih suka berada di lapangan untuk melatih diri menghadapi apapun. Saya sangat tertarik dalam bidang bisnis untuk bekerja di universitas, tapi saya percaya bahwa mengajar adalah sesuatu yang sudah mengalir di dalam darah saya. Saya cukup baik dalam bidang bisnis karena saya selalu menyempatkan waktu untuk mengedukasi para klien saya. Sekarang saya mencari orang-orang baru untuk dilatih.

6. Apa saja kemampuan anda?
  • Saya percaya kemampuan terbaik saya adalah memperhatikan hal-hal yang detil. Kemampuan saya ini amat membantu saya berada di lapangan kerja.
  • Saya selalu berada di sebuah tim yang hebat. Saya cukup mampu menjaga kerjasama tim dan menghasilkan hasil kerja yang berkualitas di lingkungan kerja.
  • Saya orang yang sangat mudah beradaptasi. Saya bekerja untuk tiga manajer berbeda, mereka memiliki sistem manajemen dan ekspektasi yang sangat berbeda terhadap saya. Saya mampu menyesuaikan usaha saya untuk mengetahui setiap hal yang mereka butuhkan.

7. Apa saja kelemahan anda?
  • Saya pernah merasa sangat tidak nyaman dalam hal berbicara di depan umum– sebagaimana yang anda ketahui, hal itu dapat menjadi hambatan di tempat kerja. Menyadari hal itu adalah sebuah masalah, saya bertanya pada pegawai yang lalu jika –saya boleh mengikuti pelatihan berbicara. Dia mengiyakan. Saya mengikuti pelatihan tersebut. Saya diberikan begitu banyak presentasi di depan para ratusan hadirin dari eksekutih tingkat tinggi. Saya masih tidak begitu menyukainya, tapi saya tidak dapat menceritakan pada siapapun.
  • Saya dulu pernah mendapat masalah terkait perencanaan dan prioritas. Bagaimanapun, saat ini saya sedang berusaha memperbaikinya. Saya baru saja menggunakan sebuah catatan rencana.
  • Saya mungkin perlu belajar lebih fleksibel ketika sesuatu berjalan di luar rencana. Ini adalah sesuatu yang dapat saya lakukan suatu waktu.

8. Ceritakan pengalaman sulit yang pernah anda hadapi
  • Di pekerjaan yang terakhir saya terkadang harus mencaritahu jawaban pertanyaan tentang IT. Saya seringkali harus ke warnet dan mencari website yang berkenaan dengan topik yang harus saya pelajari. Saya tetap menikmati mempelajari hal-hal baru, tidak ada satu pun pencarian yang bukan hobi saya.
  • Saya pernah menghadapi sejumlah situasi sulit, tapi salah satu yang mengganggu pikiran saya saat ini adalah ... (jelaskan situasi tersebut), dan saya sudah cukup mampu mengatasinya dengan cara menaksir situasi tersebut, menentukan kemungkinan beberapa upaya berbeda dan memutuskan salah satu solusi yang paling efektif. Saya harus menjaga keputusan saya tetap objektif dan tidak bergantung pada perasaan serta tetap berfokus pada satu solusi. Saya orang yang cukup perfeksionis dan mungkin terkadang agak tegas pada rekan-rekan kerja saya.

9. Di mana anda melihat diri anda 3-5 tahun ke depan dari sekarang?
  • Walaupun agak sulit memprediksikan masa depan, saya cukup yakin kalau saya akan menjadi seorang konsultan keuangan yang baik. Saya yakin kemampuan saya akan membuat saya memenuhi hasrat untuk mendapatkan beberapa peluang jabatan (nantinya) dan mungkin lebih.
  • Dalam kurun waktu lima tahun saya melihat diri saya akan menjadi pegawai berharga di perusahaan. Saya ingin menjadi lebih mahir di posisi saya dan berlatih untuk menjadi seorang manajer.
  • Tujuan saya adalah untuk menjadi seorang pemimpin lima tahun ke depan. Meskipun tidak semua orang dapat dipromosikan di posisi ini, saya percaya saya bisa mencapai tujuan saya dengan kerja keras.

10. Kenapa kami harus mempekerjakan anda?
  • Saya orang yang cepat belajar, saya selalu harus mempelajari keseluruhan sistem yang baru di pekerjaan saya yang terdahulu dan saya berhasil serta saya tetap menjalankannya selama beberapa pekan berikutnya.
  • Anda butuh mempekerjakan seseorang yang dapat menyelesaikan tugas administrasi secara lebih luas. Saya punya catatan kinerja menyelesaikan tugas itu dengan efisien dan berhasil.
  • Saya memiliki kombinasi kemampuan dan pengalaman yang tepat untuk pekerjaan ini. Saya juga memiliki kualitas tambahan dalam analisis yang kuat dan kemampuan memecahkan masalah seperti yang disebutkan di pengenalan saya dari sistem kerja yang lebih efisien di perusahaan ... (sebutkan nama perusahaan yang anda daftari).